Back to News

Hati-Hati Jangan Sembarang Menyambungkan Gadget Ke Perangkat Komputer

By: Marketing, AUG 27, 2020

Gadget saat ini tidak hanya digunakan untuk kebutuhan komunikasi, lebih dari itu gadget menjadi salah satu alat yang digunakan untuk kelancaran bisnis yang kita lakukan. Hampir sebagian besar waktu digunakan untuk menggunakan gadget, banyak pengguna gadget yang menyambungkan gadget mereka ke perangkat komputer yang mereka miliki untuk berbagai tujuan, seperti untuk melakukan perpindahan dokumen, menyambungkan koneksi internet, atau sekedar untuk mengisi daya untuk gadget yang digunakan. Tetapi sayangnya banyak yang belum menyadari bahaya yang bisa terjadi saat kita menyambungan gadget ke perangkat komputer.

Saat gadget dihubungkan ke perangkat komputer, kedua perangkat akan melakukan share, mulai nama dari perangkat, nomor serial, system file, OS dan data lainnya, secara tidak langsung hal ini dapat menjadi peluang bagi pihak yang tidak bertanggung jawab untuk masuk dan menjarah data yang kita miliki secara diam-diam. Mereka dapat mengakses berbagai data mulai dari data SIM card hingga akses ke berbagai aplikasi termasuk mobile banking yang ada pada gadget kita. Kemungkinan penyusup meng-instal aplikasi di perangkat yang diserangnya seperti virus ataupun aplikasi lain yang merugikan pengguna gadget juga sangat besar. Kejadian ini juga dapat berujung pada kebocoran data dan pencurian data yang kita miliki.

Tidak hanya itu, menyambungkan gadget ke perangkat komputer juga dapat membahayakan kedua perangkat itu sendiri. Peneliti dari sebuah perusahaan teknologi besar dari China mengungkapkan bahwa ada ancaman lain yang bisa terjadi saat kita menyambungkan gadget pada perangkat komputer, yaitu serangan siber yang menjalankan serangannya dengan merusak kedua perangkat yang disambungkan saat pengisian daya. Saat kita menyambungkan gadget dengan kabel USB, ada sistem yang otomatis mengatur dan menetapkan pengisian daya yang aman untuk gadget. Namun para peneliti membuktikan bahwa pengisi daya yang disusupi Malware, dapat menekan lebih banyak daya ke kabel lebih dari daya yang aman untuk gadget, jika hal ini terjadi daya yang berlebihan tersebut kemungkinan dapat menghancurkan perangkat dan bahkan berpotensi membakarnya.

Mengetahui akan ancaman yang dapat terjadi saat kita menyambungkan gadget ke perangkat komputer, sudah sepatutnya kita lebih berhati-hati. Hindari menyambungkan gadget ke perangkat komputer jika tidak dalam keadaan mendesak, jika memang harus menghubungkan gadget dengan computer maka pastikan kedua perangkat tersebut aman atau setidaknya dilindungi dengan antivirus atau anti malware terbaru. Saat ini sudah banyak aplikasi yang dapat membantu kita mengirimkan data tanpa menyambungkan gadget langsung ke perangkat komputer, namun kita harus selalu memastikan aplikasi pengiriman data yang digunakan terpercaya untuk menghindari kebocoran data saat pengiriman.