Back to News

Adaptasi Perusahaan Terhadap Pandemi Covid-19 Dari Investasi Ke Penggunaan Solusi "As A Service"

By: Marketing, SEP 16, 2020

Pandemi Covid-19 yang terjadi di tahun 2020 memberikan dampak yang cukup signifikan pada jalannya bisnis dunia, terutama pada sektor ekonomi. Banyak penyesuaian yang harus dilakukan untuk dapat terus menjalankan bisnis ditengah ketidakstabilan ekonomi yang ada, hal ini juga diperkeruh dengan isu resesi yang berkembang dihampir semua negara. Perusahaan pun harus melakukan strategi yang cepat dan tepat demi kelancaran bisnis mereka, salah satunya dengan meminimalisir pengeluaran yang ada. Penekanan pengeluaran juga dilakukan pada bagian IT, banyak perusahaan yang menunda proyek mereka dan meningkatkan infrastruktur jaringan dengan beralih dari investasi yang ke penggunaan solusi “as a service”. Menurut survey yang dilakukan oleh sebuah perusahaan penyedia perangkat telekomunikasi, terdapat peningkatan pada persentase perusahaan yang memilih untuk menggunakan solusi “as a service” dari 50 % menjadi 72%, di tingkat Asia Pasifik dan juga global.

Pemilihan solusi “as a service” yang dilakukan oleh banyak perusahaan tentu memiliki beberapa alasan. Pertama, alokasi biaya yang lebih kecil, dengan menggunakan solusi “as a service” perusahaan dapat menekan biaya pengeluaran pada investasi pembelian perangkat keras (hardware) karena pada layanan ini perusahaan dapat memilih untuk menyewa perangkat dari penyedia jasa.

Kedua, waktu investasi yang lebih singkat, solusi “as a service” memungkinkan perusahaan melakukan kontrak penggunaan jasa dengan durasi yang menyesuaikan kebutuhan perusahaan, berbeda dengan saat perusahaan melakukan investasi pembelian perangkat, perusahaan harus menunggu jangka waktu yang lama untuk melakukan penggantian.

Ketiga, solusi “as a service” adalah solusi dengan layanan yang fleksibel, perusahaan dapat berdiskusi dengan perusahaan penyedia solusi “as a service” terpercaya mengenai solusi IT yang sesuai dan dibutuhkan oleh bisnis Anda, layanan ini pun bisa ditambahkan jika pada saat layanan berjalan perusahaan merasa membutuhkan layanan tambahan. Alasan keempat yang tidak kalah pentingnya adalah solusi “as a service” merupakan layanan yang simple, dengan mempercayakan solusi IT pada layanan “as a service” tim IT perusahaan dapat fokus pada pengembangan bisnis perusahaan karena solusi IT perusahaan sudah ditangani oleh tim IT profesional dengan laporan yang dikirimkan secara berkala.

Layanan solusi “as a service” ini bukanlah hal yang baru untuk Arthatel, perusahaan yang telah melayani pelanggan yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia sejak tahun 1993 ini mengemas solusi “as a service” dengan nama layanan Managed Services. Arthatel Managed Services hadir untuk menangani serangkaian pekerjaan pengelolaan dan pengawasan sumber daya IT (IT Outsource) untuk mendukung kelancaran operasional dan bisnis perusahaan. Layanan ini memiliki cakupan solusi IT yang beragam dan fleksibel sesuai dengan kebutuhan pelanggan saat ini maupun untuk perkembangan bisnis selanjutnya. Layanan Managed Services Arthatel terdiri dari beberapa layanan yaitu Managed Network Services, Managed IT Operation Services, Cloud Computing Managed Services, dan Managed Event Services. Dilengkapi dengan layanan customer service dan helpdesk yang selalu tersedia selama 24 jam setiap harinya, Arthatel selalu berusaha memberikan layanan terbaik untuk mendukung perkembangan bisnis perusahaan.

Dapatkan informasi mengenai solusi IT yang mumpuni dengan layanan Arthatel Managed Services dengan menghubungi tim Sales kami melalui form berikut atau dengan menghubungi kami melalui:

PT. Artha Telekomindo

18 Parc Place, Tower A, 3rd & 4th Floord

Sudirman Central Business District (SCBD)

Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52-53

Jakarta 12190

Web                      : https://www.arthatel.co.id

Telepon               : (021) 255-25100

LinkedIn               : Arthatel

Instagram            : @arthatel.id

Facebook            : Arthatel