Back to News

Menggunakan VPN untuk Bisnis Anda? Pastikan Anda Memperhatikan Beberapa Hal Berikut Sebelum Memilih

By: Marketing, SEP 30, 2020

Saat ini banyak perusahaan dan pelaku bisnis yang memiliki perhatian lebih akan keamanan sistem jaringan mereka seiring dengan semakin banyaknya kasus kebocoran data dan pencurian data yang dialami oleh perusahaan dari berbagai jenis bisnis. Salah satu pilihan yang dapat dilakukan untuk menjaga sistem keamanan jaringan pada perusahaan adalah dengan menggunakan Virtual Private Network (VPN). Namun, sebelum memilih VPN yang akan digunakan pada perusahaan dan bisnis Anda ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar penggunaan VPN dapat dilakukan secara maksimal.

Berikut hal yang perlu diperhatikan saat memilih VPN untuk keperluan bisnis Anda:

1. Kualitas VPN

Masing-masing VPN memiliki kelebihan dari berbagai aspek, seperti kecepatan, anonimitas, maupun kemungkinan untuk bisa dienkripsi, Anda harus memilih sesuai dengan yang dibutuhkan dengan bisnis Anda. VPN yang tidak menyimpan log dan memiliki enkripsi yang aman biasanya menjadi hal yang perlu diperhatikan saat memilih VPN, pastikan juga anda memeriksa protokol keamanan sebelum memilih VPN.

2. VPN yang kompatibel dengan perangkat yang digunakan bisnis Anda.

Ada beberapa produk VPN yang tidak mendukung / tidak dapat digunakan pada perangkat tertentu, untuk itu sebelum memilih VPN pastikan VPN tersebut kompatibel dengan semua perangkat yang digunakan seperti android, iOS, Windows, Mac, dan Linux.

3. Harga

Saat ini ada berbagai jenis VPN termasuk yang menawarkan VPN secara gratis, namun tentunya jenis VPN ini memiliki kapasitas terbatas sehingga tidak dapat melayani bisnis Anda dengan baik dan maksimal. Akan lebih baik jika Anda menggunakan VPN berbayar untuk bisnis Anda, namun saat Anda memilih menggunakan VPN berbayar, pastikan Anda memperhatikan fitur yang ditawarkan, sesuaikan penggunaan VPN dengan anggaran yang dimiliki perusahaan. Jangan sampai tertipu oleh perusahaan penyedia jasa dengan penawaran maksimum dengan harga minimum diawal namun tidak menjelaskan fitur secara terperinci atau menawarkan fitur yang tidak sesuai dengan bisnis Anda.

4. Kredibilitas perusahaan penyedia jasa

Saat menggunakan VPN Anda akan menyerahkan solusi untuk mengamankan koneksi, menjaga dan memastikan data terenkripsi, juga melindungi aktivitas Anda dari penyusup. Untuk itu, Anda perlu mengetahui perusahaan penyedia jasa VPN yang akan Anda gunakan, pastikan perusahaan tersebut terpercaya dan memiliki kredibilitas yang tinggi.

5. VPN dengan layanan pelanggan (after sales service)

Teknologi merupakan hal yang dapat terus berkembang dan berubah secara dinamis, hal ini pun terjadi pada VPN. Anda harus memastikan perusahaan penyedia jasa VPN yang Anda gunakan memiliki layanan pelanggan (after sales service) yang baik untuk membantu bila seiring dengan penggunaan VPN Anda menghadapi hambatan, kesulitan, atau penambahan fitur tertentu. Pernyediaan layanan pelanggan 24/7 dapat menjadi pertimbangan saat memilih perusahaan penyedia jasa VPN.

 

Arthatel sebagai penyedia jasa dan layanan di bidang Information Communication Technology (ICT) hadir mendukung kebutuhan VPN untuk bisnis Anda dengan layanan Managed Network Services. Layanan Managed Network Services Arthatel dapat menjangkau 34 provinsi di seluruh Indonesia, didukung dengan Point of Presence (PoP) yang tersebar diberbagai kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Bali, Medan, dan juga kota-kota besar lainnya. Arthatel juga selalu hadir untuk pelanggan dengan dukungan helpdesk dan customer service yang siap melayani kebutuhan pelanggan selama 24/7 dalam 365 hari demi memberikan layanan maksimal kepada pelanggan dari berbagai skala bisnis.

Untuk mendapatkan solusi layanan Managed Network Services anda dapat menghubungi tim Sales kami melalui form disini atau dapat menghubungi kami melalui:

PT. Artha Telekomindo

18 Parc Place, Tower A, 3rd & 4th Floord

Sudirman Central Business District (SCBD)

Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52-53

Jakarta 12190

Web                      : https://www.arthatel.co.id

Telepon               : (021) 255-25100

LinkedIn               : Arthatel

Instagram            : @arthatel.id

Facebook            : arthatel