Back to News

Probe Thales untuk Mendeteksi dan Melawan Cyberattack

By: root, JAN 04, 2018

Di era globalisasi ini, pemerintah dan perusahaan berperan sebagai pengelola dan pemelihara infrastruktur yang penting sekaligus strategis. Untuk melindungi dari serangan di masa depan, Thales membantu melindungi infrastruktur melalui probe dengan memanfaatkan heuristik yang diperoleh dari serangan-serangan terdahulu.

Di Perancis, infrastruktur strategis didefinisikan sebagai “penyedia publik atau swasta yang menyediakan fasilitas atau memanfaatkan instalasi atau struktur, dimana jika kedua hal tersebut tidak tersedia maka dapat secara signifikan menurunkan kapasitas ekonomi dan kemampuan negara untuk menyelenggarakan tindakan perang, keselamatan, dan ketahanan.” Definisi yang luas tersebut mencakup berbagai industri dan kegiatan, dari kelistrikan negara, pembangkit listrik tenaga nuklir, telekomunikasi, hingga sistem keuangan. Cyberattack terhadap fasilitas-fasilitas tersebut dapat berakibat sangat fatal, terutama jika terjadi serangan fisik. Perusahaan penyedia fasilitas dan badan pemerintahan merupakan tulang punggung stabilitas negara. Kedua badan tersebut menjadi sasaran utama cyberattacks karena sifatnya yang penting bagi keamanan negara.

UU Rancangan Militer 2014-2019 Perancis secara hukum mewajibkan perlindungan atas infrastruktur penting tersebut sebelum tahun 2019. Meski sebagian besar perusahaan dan badan pemerintahan telah patuh terhadap peraturan undang-undang terkini, perkembangan teknologi dan kecanggihan cyberattacks mengharuskan badan-badan tersebut untuk tetap waspada. Pemerintahan dan perusahaan harus selalu selangkah lebih didepan dari para pelaku cyberattacks.

Perlindungan Sistem Penting

Mengikuti tren cyberattacks terkini, Thales bekerja sama dengan para pelaku infrastruktur penting dalam melindungi sistem dan data mereka. Para ahli cybersecurity Thales telah mengembangkan trusted probe yang mengawasi trafik jaringan untuk memberikan perlindungan menyeluruh yang aktif setiap hari, sepanjang tahun di setiap titik hubung antara sistem informasi dan jaringan luar. Probe yang handal dan cepat beradaptasi tersebut mampu dengan cepat mendeteksi dan melawan known attacks dan memberikan flag kepada kegiatan mencurigakan dalam jaringan sistem. Kecerdasan artifisial yang diawasi operator menawarkan perlindungan real-time lapis dua terhadap segala anomali, memberi tahu operator, dan belajar dari respons mereka. Probe kemudian mempelajari pola serangan dan cara penanganannya.

 

FUNGSI & FITUR UTAMA

  • Perpustakaan data berisikan ciri khas serangan yang selalu diperbarui
  • Algoritma untuk mendeteksi kegiatan mencurigakan
  • Arsitektur modular untuk menjamin adaptabilitas dan skalabilitas
  • Dikelola secara internal atau langsung oleh Thales
  • Dapat diaplikasikan pada berbagai jaringan berbeda untuk mengoptimalkan efisiensi anggaran
  • Memenuhi ketentuan UU Rancangan Militer Perancis

 

Solusi dari Perancis oleh Mitra Terpercaya

Siapapun penyerangnya, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa cyberattacks akan terus terjadi di masa mendatang. Thales sebagai mitra tepercaya penyelenggara infrastruktur strategis nasional Perancis mempraktikan berbagai cara untuk mendeteksi dan melawan cyberattacks terhadap kepentingan nasional Perancis.

Probe dari Thales memberikan perlindungan pasif dan aktif. Probe tersebut mengidentifikasi known attacks dan mendeteksi potensi tindak kejahatan yang mengindikasikan teknik serangan baru. Solusi Thales berpotensi mengubah lanskap cybersecurity: sebuah solusi serangan balik cerdas yang efektif untuk mencegah dan menghadapi serangan baru. Probe Thales dapat diaplikasikan pada infrastruktur yang dioperasikan oleh pemerintah dan swasta, menawarkan perlindungan menyeluruh terhadap cyberattacks.