Back to News

Cybersecurity by Design : Merencanakan Keamanan Siber untuk Perusahaan Anda

By: Marketing, MAY 22, 2020

Cybersecurity menjadi hal yang penting untuk diperhatikan terutama saat digital transformation semakin banyak diimplementasikan pada operasional bisnis perusahaan.

Saat ini transformasi digital semakin berkembang dan diimplementasikan pada berbagai kebutuhan perusahaan, tetapi perkembangan transformasi digital ini juga diiringi dengan serangan siber yang semakin banyak terjadi. Keadaan ini menuntut perusahaan untuk beradaptasi dengan memperbaiki keamanan data perusahaan, perlindungan yang dimiliki harus sejalan dengan tingkat resiko yang ada.

Untuk mengantisipasi serangan siber ini, diperlukan adanya cybersecurity by design. Cybersecurity by design adalah keamanan siber yang dibuat untuk mengantisipasi serangan siber yang kemungkinan akan terjadi atau menyerang perusahaan.  Seperti yang dijelaskan Alexandre Bouteille, Thales Technical Director of Critical Information Systems and Cybersecurity dalam website Thales Group, meskipun resiko akan serangan siber tidak dapat dihindari, analisis risiko sangatlah penting dan merencanakan keamanan siber sejak awal adalah hal yang dapat dilakukan untuk menghindari masalah besar yang sewaktu-waktu dapat terjadi. Keamanan siber yang direncanakan dan dilakukan sejak awal sebelum serangan siber terjadi merupakan hal yang penting karena penanganan serangan siber yang dilakukan tanpa perencaan memerlukan biaya yang berkali-kali lebih banyak, tidak adanya antisipasi akan serangan siber juga dapat merusak reputasi perusahaan.

Kesuksesan transformasi digital tidak dapat terlepas dari keamanan siber, saat ini tidak hanya bank dan sektor pertahanan saja yang membutuhkan keamanan siber, tetapi berbagai sektor termasuk layanan kesehatan dan eCommerce yang berkaitan dengan data pribadi pelanggan perlu untuk selalu melindungi asset digital mereka. Penggunaan Internet of Things (IoT) yang menjadi bagian dari transformasi digital juga menjadi salah satu pemicu meningkatnya permintaan keamanan siber. Keamanan siber yang sudah dimiliki perusahaan juga harus selalu diperbarui untuk beradaptasi dengan ancaman serangan siber yang juga semakin berkembang, hal ini dapat pula dideteksi dengan memanfaatkan Artificial Intelligence (AI). Thales yang saat ini telah mengakuisisi Gemalto menawarkan solusi keamanan siber yang dibutuhkan sesuai dengan kondisi pelanggan.

Sumber : https://www.thalesgroup.com/en/group/journalist/magazine/cybersecurity-design-building-protection-ground