Back to News

Cybersecurity by Design : Make a Cybersecurity Plan for Your Company

By: Marketing, MAY 22, 2020

Cybersecurity menjadi hal yang penting untuk diperhatikan terutama saat digital transformation semakin banyak diimplementasikan pada operasional bisnis perusahaan.

Saat ini digital transformation semakin berkembang dan diimplementasikan pada berbagai kebutuhan perusahaan, tetapi perkembangan digital transformation ini juga diiringi dengan cyberattack yang semakin banyak terjadi. Keadaan ini menuntut perusahaan untuk beradaptasi dengan memperbaiki data security perusahaan, perlindungan yang dimiliki harus sejalan dengan tingkat resiko yang ada.

Untuk mengantisipasi cyberattack ini, diperlukan adanya cybersecurity by design. Cybersecurity by design adalah cybersecurity yang dibuat untuk mengantisipasi cyberattack yang kemungkinan akan terjadi atau menyerang perusahaan.  Seperti yang dijelaskan Alexandre Bouteille, Thales Technical Director of Critical Information Systems and Cybersecurity dalam website Thales Group, meskipun resiko akan cyberattack tidak dapat dihindari, risk analytics sangatlah penting dan merencanakan cybersecurity sejak awal adalah hal yang dapat dilakukan untuk menghindari masalah besar yang sewaktu-waktu dapat terjadi. Cybersecurity yang direncanakan dan dilakukan sejak awal sebelum cyberattack terjadi merupakan hal yang penting karena penanganan cyberattack yang dilakukan tanpa perencaan memerlukan biaya yang berkali-kali lebih banyak, tidak adanya antisipasi akan cyberattack juga dapat merusak reputasi perusahaan.

Kesuksesan digital transformation tidak dapat terlepas dari cybersecurity, saat ini tidak hanya bank dan sektor pertahanan saja yang membutuhkan cybersecurity, tetapi berbagai sektor termasuk layanan kesehatan dan eCommerce yang berkaitan dengan personal data pelanggan perlu untuk selalu melindungi asset digital mereka. Penggunaan Internet of Things (IoT) yang menjadi bagian dari digital transformation juga menjadi salah satu pemicu meningkatnya permintaan cybersecurity. Cybersecurity perusahaan harus selalu diperbarui untuk beradaptasi dengan ancaman cyberattack yang juga semakin berkembang, hal ini dapat pula dideteksi dengan memanfaatkan Artificial Intelligence (AI). Thales yang saat ini telah mengakuisisi Gemalto menawarkan solusi cybersecurity yang dibutuhkan sesuai dengan kondisi pelanggan.

Source : https://www.thalesgroup.com/en/group/journalist/magazine/cybersecurity-design-building-protection-ground