Back to News

The 5G network has not been implemented in all regions of Indonesia, while China is already preparing to test the 6G network

By: Marketing, DEC 22, 2020

Penerapan 5G internet network di Indonesia sedang berjalan dan sedang dilakukan uji coba terhadap program terkait pembelajaran jarak jauh melalui interaksi holografik, operasi jarak jauh, internet of things (IoT) untuk kota pintar (smart city) dan kendaraan otonom. Fokus dari uji coba tersebut terkait kemungkinan koeksisten Fixed Satellite Service (FSS) untuk digunakan di pita 3,5 GHz dengan 5G internet network. Namun masih ada kendala dalam penerapan pembagunan 5G internet network di Indonesia yaitu kendala frekuensi yang terbagi oleh banyaknya operator, modernisari BTS (Base transceiver station) dan ketersediaan koneksi fiber optic untuk menunjang akses 5G internet network.

Sementara itu China telah mengembangkan jaringan telekomunikasi generasi ke 6 (6G) dan pada tanggal 6 November 2020 telah melakukan peluncuran satelit untuk uji coba 6G internet network di Taiyun Satellite Launch Center provinsi Shanxi. China mengklaim bahwa satelit tersebut merupakan uji coba technology terahertz pertama di dunia. Teknologi kominukasi Terahertz (THz) disebut akan menjadi standar technology wireless yang menjanjikan untuk 6G internet network kedepannya.

Dengan koneksi 6G internet network diperkirakan akan memiliki kecepatan transfer data diatas 100 GB per detik serta latensi 1 milidetik. Lebarnya pita frequency 6G yang dimiliki Terahertz dibuat untuk mengembangkan dan mengatasi masalah kelangkaan spektum yang bisa menyediakan transmisi 100 kali lebih cepat dari 5G internet network. Kecepatan gelombang Terahertz juga dirancang memiliki tingkat penetrasi yang tinggi dimana penggunaannya tidak membahayakan manusia.

Arthatel merupakan Leading Information and Communication Technology (ICT) terkemuka dengan mengedepankan inovasi, keandalan dan keahlian. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan solusi layanan Arthatel anda dapat menghubungi tim Sales kami melalui form disini atau dapat menghubungi kami melalui:

PT. Artha Telekomindo

18 Parc Place, Tower A, 3rd & 4th Floord

Sudirman Central Business District (SCBD)

Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52-53

Jakarta 12190

Web                      : https://www.arthatel.co.id

Telepon               : (021) 255-25100

LinkedIn               : Arthatel

Instagram            : @arthatel.id

Facebook            : Arthatel